Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Telinga Kiri Panas, Penyebab, dan Cara Menyembuhkannya

Tempat adsense

Telinga kiri terasa panas dan menjadi merah, saat darah yang mengandung oksigen naik pada bagian telinga Anda. Tidak sedikit yang mengalami kondisi ini dan mengalami rasa sakit. Tidak hanya akan menyebabkan rasa malu, tetapi juga terdapat faktor lain yang menjadi faktor penyebab mengapa telinga terasa panas. Supaya Anda tak salah dalam memberikan pengobatan maka Anda harus ketahui terlebih dahulu penyebab pastinya, berikut beberapa di antaranya.


Penyebab telinga kiri panas


1. Paparan sinar matahari

Jika telinga kiri Anda terkena paparan sinar matahari, maka akan terasa panas. Jadi sama saja dengan anggota tubuh yang lain, telinga pun dapat mengalami efek terbakar. Biasanya jika telinga kiri menjadi merah karena paparan sinar matahari, akan ada kondisi lain yang juga mengikuti, antara lain mengelupas, mengering, dan memerah.

2. Perubahan temperatur

Pengaruh perubahan temperatur atau suhu juga dapat menjadi penyebab telinga merah. Contohnya saat Anda ada di lingkungan bertemperatur dingin, maka telinga akan jadi terasa hangat dan kemerahan. Alasannya karena tubuh berusaha menyesuaikan diri pada lingkungan luar. Ketika lingkungan dingin secara otomatis tubuh pun menurunkan aliran darah pada permukaan tubuh, dan itu termasuk ke telinga, hidung, dan pipi.

3. Emosi

Wajah dan telinga memerah dan terasa panas kerap dikaitkan dengan rasa malu. Namun sesungguhnya bukan hanya malu, tetapi berbagai emosi yang lain juga dapat membuat telinga kiri memerah. Contohnya perasaan cemas dan marah, ini memiliki dampak terhadap peningkatan suhu pada telinga Anda. Tetapi jangan khawatir, karena kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya saat Anda sudah kembali tenang.

4. Masalah pada telinga

Penyebab telinga terasa panas yang lain adalah adanya masalah pada telinga. Gejalanya antara lain bengkak, telinga terasa hangat, telinga terasa sakit ketika Anda pegang. Ini merupakan gejala kondisi selulitis, penumpukan kotoran berlebih dalam telinga, dan infeksi saluran telinga.

5. Hormon

Ini adalah faktor internal yang dapat menyebabkan telinga kiri merah. Perubahan hormon pada seorang wanita adalah biang keladi mengapa sensasi rasa panas di daun telinga muncul. Alasan mengapa bisa terjadi perubahan hormon yakni disebabkan oleh gejala menopause pada seorang wanita berusia lebih dari 50 tahun, masa kehamilan, masa premenopause, dan karena siklus menstruasi.

6. Tertindih terlalu lama

Apabila tidur dengan posisi sama terlalu lama, contohnya posisi tidur miring ke kiri. Maka dapat mengakibatkan daun telinga kiri mendapat tekanan. Sebab posisi daun telinga menghadap ke bawah, kemudian tertindih berat dari tengkorak kepala Anda. Apabila Anda biarkan dan tak mengubah posisi arah lainnya, maka dapat menyebabkan peredaran darah tak lancar dan telinga kiri jadi memerah dan terasa panas.

7. Kemoterapi

Yang ketujuh adalah karena kemoterapi. Apabila Anda kerap menjalani pengobatan menggunakan radiasi sinar, pada pengobatan kemoterapi, maka bisa merusak jaringan kulit. Dan itu termasuk jaringan kulit telinga kiri Anda. Awalnya gejala yang muncul adalah telinga kiri terasa panas. Dan ini merupakan efek samping kemoterapi yang tidak dapat Anda hindari.

8. Reaksi alergi

Untuk sebagian orang dengan kondisi telinga yang sensitif beserta mudah mengalami reaksi alergi. Gejala-gejala alergi yang penting untuk diwaspadai yakni makanan dengan kandungan zat logam yakni telinga kiri panas, nyeri, gatal, dan kulit terasa seperti menebal. Berbagai makanan dengan kandungan logam contohnya adalah kerang, tiram, kepiting, dan sejenisnya.

9. Psikologi

Banyak orang yang mempunyai emosional tak stabil. Hal ini bisa menyebabkan stress dan berlanjut ke kerusakan jaringan saraf. Indikasi jika kondisi psikologi seseorang tak stabil yakni stress berkepanjangan, dan ini berbahaya, karena bisa menekan kelancaran dari aliran darah, menegangkan saraf di seputar kepala, dan merusak pembuluh darah. Bisa mempengaruhi peredaran darah pada area seputar telinga. Penyebab telinga kiri terasa panas yakni kondisi psikologi labil. Sama juga dengan telinga terasa nyeri, dan memerah, bisa disebabkan oleh kondisi psikologi yang labil juga.

Sindrom telinga merah


Atau yang dikenal juga dengan red eye syndrome adalah kondisi di mana sakit kepala diikuti sensasi terbakar dan telinga memerah. Apa yang menjadi pemicunya adalah sentuhan pada telinga, bersin, gerakan leher, dan batuk. Seringkali juga dikaitkan dengan penyakit migrain. Biasanya apabila kondisi ini terjadi, maka akan mempengaruhi kedua ataupun salah satu sisi telinga. Hal ini bisa berlangsung cukup lama hingga beberapa jam, tetapi juga bisa hanya beberapa menit, walaupun pada faktanya sindrom ini sangat jarang terjadi. Baca juga [suara gemuruh dalam telinga]

Cara mengatasi


Untuk mengatasi atau menyembuhkan telinga kiri panas Anda bisa mencoba beberapa alternatif cara tradisional di bawah ini:

1. Bawang merah

Dengan kandungan zat anti bakteri, bawang merah bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan telinga kiri panas. Caranya tumbuk sampai halus kemudian ambil sarinya dan oleskan ke telinga kiri yang terasa panas. Gangguan telinga membengkak, dan telinga gatal pun dapat diatasi menggunakan bawang merah. Anda dapat menggunakan bawang merah dengan takaran secukupnya, tidak boleh melebihi 2x per hari, tetapi harus Anda beri dengan rutin. Sebab jika menggunakan terlalu berlebihan maka ada efek sampingnya yang kurang bagus untuk tubuh Anda.

2. Bawang putih

Anda juga dapat menggunakan bawang putih. Bawang putih ini memiliki kandungan zat antibiotik alami untuk mengatasi masalah gangguan telinga. Manfaatnya yakni meredakan infeksi, gatal-gatal, pembengkakan, dan telinga merah karena tertindih saat tidur dengan posisi yang sama terus. Untuk menggunakan bawang putih bisa Anda haluskan terlebih dahulu lalu ambil sarinya dan oleskan ke telinga kiri yang terasa panas.

3. Kompres es batu

Masih di cara tradisional. Berikut cara ke 3, yang menggunakan kompres es batu. Es batu bisa memberikan efek menenangkan sekaligus menurunkan suhu panas di telinga dengan ruam kemerahan, nyeri, dan telinga bengkak. Gunakan es batu untuk mengkompres telinga kiri yang terasa panas untuk beberapa saat, lepas, dan ulangi lagi. Lakukan teratur hingga telinga kiri terasa nyaman tidak panas lagi. Anak-anak juga boleh menggunakan cara ini, karena aman.

4. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Banyak ahli kecantikan merekomendasikan penggunaan lidah buaya ini. Anda pun juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menyembuhkan rasa panas di daun telinga. Karena bagian tanaman ini bisa meredakan rasa nyeri, pembengkakan, rasa panas di telinga, dan peradangan. Untuk memanfaatkan lidah buaya, Anda bisa mengoleskannya 2x sehari ke telinga yang terasa panas. Kulit Anda pun akan jadi lebih sejuk. Anak-anak juga boleh memakai lidah buaya, apabila kuping kiri terasa panas.

Itulah informasi mengenai penyebab dan bagaimana menyembuhkan telinga kiri yang terasa panas. Semoga artikel ini bermanfaat dan telinga kiri Anda bisa segera sembuh.

tempat adsense 2
Telinga Kiri Panas, Penyebab, dan Cara Menyembuhkannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku