Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Naik Pesawat Kuping Sakit, Begini Cara Menyembuhkannya

Tempat adsense

Naik pesawat kuping terasa sakit adalah hal yang normal. Biasanya rasa sakit pada telinga akan Anda rasakan ketika pesawat lepas landas dan ketika pesawat mendarat. Tentunya rasa sakit ini dapat membuat Anda merasa tak nyaman, apalagi diikuti gangguan mual dan ingin muntah. Ini disebut gangguan oklusi eustachius.


Mengenal saluran eustachius


Saluran ini ada pada telinga tengah sampai belakang hidung / pangkal tenggorokan. Saluran ini mempunyai fungsi menyeimbangkan tekanan udara pada keseluruhan telinga, terutama tekanan udara pada telinga bagian tengah, dengan tekanan udara dari luar. Apabila terdapat perbedaan tekanan udara di telinga, saluran eustachius secara otomatis menyeimbangkan kemudian membiarkan udara masuk dalam telinga supaya keseimbangan udara bisa tercapai.

Faktor penyebab mengapa naik pesawat menyebabkan telinga sakit


Ini disebabkan karena tekanan udara bumi. Jadi tekanan udara merupakan tenaga yang dibutuhkan dalam menggerakkan massa udara. Atau tingkat kebasahan udara sebab dalam udara itu air akan berada dalam bentuk uap.

Untuk sebagian orang gangguan di tuba eustachius, ataupun orang yang sedang terserang pilek, akan terjadi kesulitan menyeimbangkan tekanan udara itu, ketika pesawat ada di udara, karena itu udara pun tak bisa masuk menuju telinga tengah. Akibatnya telinga tengah jadi vakum, kondisi seperti ini menyebabkan saluran tuba merespon pengecilan ruang telinga tengah, menarik jaringan di sekitarnya supaya tekanan menjadi lebih seimbang. Respon tersebut mengakibatkan rasa nyeri yang sangat parah, serasa kepala mau pecah.

Telinga dapat terasa sakit tidak diakibatkan karena naik pesawat saja, tetapi juga ketika Anda pergi ke dataran tinggi. Alasannya sama, karena perbedaan tekanan udara dari tempat di dataran rendah dengan tempat yang lebih tinggi. Pada tempat lebih tinggi itu mempunyai lapisan udara yang lebih tipis dan tekanan udara pun lebih rendah. Misalnya tekanan udara di wilayah pegunungan itu lebih rendah dibandingkan dengan tekanan udara di daerah pantai.

Cara mengatasi telinga sakit ketika pesawat mengudara dan mendarat


Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba, caranya sederhana dan mudah untuk diikuti, antara lain:

1. Ear plug

Silahkan sediakan ear plug khusus untuk penerbangan, dan gunakan itu sebelum naik pesawat.

2. Kompres hangat

Saat berada dalam pesawat, untuk menyembuhkan telinga sakit karena perbedaan tekanan udara bisa menggunakan kompres hangat. Gunakan air hangat dengan tisu. Bisa minta bantuan pramugari untuk menyediakannya jika Anda tidak bawa tisu dan bingung mau cari air hangat di mana, karena tugas pramugari adalah membantu penumpang pesawat. Biasanya di pesawat sudah disediakan tisu dan air hangat, tak perlu khawatir. Caranya Anda buat kompres hangat menggunakan tisu tersebut. Kemudian tempelkan ke area telinga yang terasa sakit untuk beberapa menit. Tekanan udara secara rasional bisa diubah dengan cara mengubah suhunya. Di mana uap udara panas dapat meredakan sumbatan udara dalam saluran udara rongga telinga Anda. Telinga berdenging dan terasa nyeri apabila udara dalam telinga akan berubah jadi udara dengan suhu yang lebih hangat.

3. Makan permen

Cara yang mudah ketiga adalah dengan makan permen. Supaya saluran eustachius Anda tetap terbuka, bisa dengan memperbanyak produksi air ludah, cara termudah adalah dengan makan permen. Apabila Anda makan permen, produksi air ludah akan meningkat. Ketika menelan air ludah saluran eustachius dalam telinga pun terbuka, secara otomatis tekanan udara pada telinga bisa seimbang.

4. Menguap

Ini adalah salah satu cara yang direkomendasikan jika Anda hendak mengurangi rasa sakit pada telinga yang disebabkan oleh naik pesawat. Apabila Anda menguap, udara pada telinga bisa keluar perlahan, tekanan udara dalam telinga jadi tetap terjaga.

5. Minum air putih

Ini juga termasuk alternatif cara yang dapat Anda terapkan. Anda bisa mencoba minum air putih. Alternatif lain selain air putih adalah air susu, dengan minum maka gejala oklusi tuba dapat dikurangi.

6. Menutup hidung

Cara yang keenam yakni dengan menutup hidung. Tutup memakai satu tangan, kemudian tarik nafas perlahan, lalu hembuskan dari mulut tertutup, supaya tekanan udara dapat mendesak saluran tuba agar tetap terbuka.

7. Obat dekongestan

Apabila masalah telinga saat terjadi perubahan pada tekanan udara ketika Anda naik pesawat sering dialami, maka Anda bisa mencoba minum obat dekongestan ora*l. Juga pastikan jika Anda memilih obat yang memiliki kandungan pseudoefedrin. Selain itu bisa juga dengan obat dekongestan berbentuk spray u/ hidung.

8. Valsalva maneuver

Namanya mungkin agak aneh, tetapi ini termasuk salah satu cara untuk meredakan kuping sakit saat Anda naik pesawat. Anda mungkin sudah pernah melihatnya walaupun saat itu tidak tahu namanya. Apabila mau mengurangi gangguan telinga saat sedang naik pesawat menggunakan cara valsalva maneuver, Anda tekan hidung menggunakan jari, kemudian ambil nafas memakai mulut, setelahnya keluarkan udara dengan paksa melewati hidung, tetapi hidung tetap pada kondisi ditutup.

Tetapi apabila Anda telah mendarat, rasa sakit pada telinga bisa saja masih terasa untuk sebagian orang. Karena itu Anda bisa mencoba menjalankan beberapa tips berikut ini, supaya rasa sakit mereda ketika Anda telah turun dari pesawat.

  • Minum obat untuk pereda rasa nyeri
  • Membersihkan telinga menggunakan air hangat. Juga tetesi telinga dengan air hangat sedikit saja, supaya membantu organ pendengaran Anda agar bisa beradaptasi ke tekanan udara lingkungan sekitar. Tekanan udara di daerah itu lebih hangat apabila Anda bandingkan tekanan udara di langit dan dataran tinggi. Dengan melakukan ini maka suhu udara yang ada di sekitar telinga dapat dimodifikasi.

Penyumbat telinga anak

Disebutkan jika penggunaan alat penyumbat telinga untuk anak atau memasang headphone pada anak supaya telinga anak tak sakit saat naik pesawat itu percuma. Karena yang jadi masalah itu bukan bagian luar telinga, tetapi bagian dalam telinga. Karenanya oleh seorang dokter disebutkan jika yang terbaik adalah meminta si kecil mengunyah dan menelan. Walaupun cara menggunakan penyumbat telinga untuk orang dewasa layak Anda coba.

Karena itu ketika Anda mengajak si kecil bepergian naik pesawat, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh para orang tua. Tak hanya memakaikan bayi dengan pakaian bahan tebal, menyiapkan obat sederhana (Obat pilek, obat penurun panas), tetapi juga harus sering menyusui bayi, atau memberikan minum. Tujuannya supaya bayi jadi sering menelan, khususnya ketika pesawat sedang take off dan landing.

Kami jelaskan sekali lagi bahwa tuba eustachius adalah saluran penghubung rongga telinga tengah seseorang dengan nasofaring. Dengan mengunyah atau menelan maka perubahan tekanan pun tak akan mengganggu kondisi dari tuba eustachius. Itulah artikel tentang mengatasi kondisi telinga sakit pesawat terbang dan saat pesawat mendarat, semoga bermanfaat.

tempat adsense 2
Naik Pesawat Kuping Sakit, Begini Cara Menyembuhkannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku