Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Penyebab Bulu Hidung Rontok itu Apa?

Tempat adsense

Penyebab mengapa bulu hidung rontok bisa terjadi. Jika Anda merasakan perih, panas, gatal, dan bengkak pada bagian dalam hidung. Diikuti dengan bulu hidung yang rontok. Kira-kira kenapa? Gejala-gejala tersebut adalah gejala rhinitis alergi yang diikuti kondisi bulu hidung yang rontok. Rhinitis alergi ini merupakan sebuah penyakit alergi pada hidung, dengan gejala seperti:

•    Hidung berair
•    Hidung tersumbat
•    Bersin-bersin
•    Hidung gatal



Rhinitis alergi


Pengobatan yang dapat dilakukan yakni memakai steroid semprot hidung dan juga antihistamin. Untuk antihistamin itu bekerja secara sistemik, atau seluruh tubuh, akan menghambat aktivitas histamin di reseptornya. Sementara itu, untuk cara kerja steroid semprot hidung, yakni dengan mengatasi gejala alergi secara lokal, yang di dalam mukosa hidung, melakukan sedikit penyerapan di dalam peredaran darah, dan efek samping pun dapat diminimalkan.

Rambut hidung yang rontok


Untuk masalah rambut hidung rontok terus penyebabnya bukanlah karena rhinitis alergi yang diderita, tetapi karena korekan terlalu keras karena hidung terasa gatal. Tetapi jangan khawatir karena walaupun rambut hidung rontok tetap dapat tumbuh kembali. Walaupun memang proses pertumbuhan rambut pada hidung itu lebih lambat apabila dibandingkan dengan proses pertumbuhan rambut kepala Anda.

Penyebab terjadinya perlambatan proses pertumbuhan rambut hidung


1.    Faktor genetik
2.    Gangguan hormonal
3.    Trauma fisik di cuping hidung
4.    Dan lain-lain

Supaya Anda mendapatkan penjelasan yang lebih mendetail mengenai apa keluhan yang Anda rasakan, dan apa penyebabnya, serta bagaimana mengatasi rambut hidung rontok terus, boleh langsung konsultasi ke dokter THT. Ingatlah bahwa rambut hidung itu membutuhkan waktu agar bisa kembali tumbuh seperti sedia kala.

Bulu hidung yang ikut keluar dengan ingus

Apabila saat Anda sedang bersin dan mengeluarkan ingus, bulu hidung juga ikut keluar. Apakah ini sesuatu yang buruk bagi kesehatan? Mengapa hal tersebut dapat terjadi. Anda mungkin juga merasa bingung harus bagaimana cara mengeluarkan dahak dengan tepat, supaya bulu hidung tak ikut bersama ingus. Apabila hal tersebut menimpa Anda, sepatutnya Anda merasa khawatir. Kami memahami itu, tetapi sesungguhnya bulu hidung yang keluar bersamaan kotoran hidung, maupun ketika Anda bersin itu adalah hal wajar. Jadi sama saja dengan rambut, yang juga bisa rontok, bulu hidung juga dapat mengalami hal yang sama. Yang penting jumlah bulu hidung yang rontok itu masih dalam batasan wajar bukan masalah. 1 atau 2 helai. Buang semua rasa khawatir Anda.

Apabila Anda hendak mengeluarkan dahak, jangan Anda paksakan. Umumnya saat batuk, dahak akan ikut keluar. Apabila Anda batuk, dan dahak terasa kental juga sulit untuk keluar, maka Anda dapat mencoba membantu mengencerkan dahak tersebut. Caranya dengan minum air putih hangat. Boleh juga dengan minum ambroxol atau obat pengencer dahak yang lain.

Bulu hidung untuk perisai

Serat-serat rambut di tubuh dan itu termasuk bulu hidung, memiliki peran penting untuk proteksi. Menjadi sebuah penghalang fleksibel yang sulit untuk ditembus. Fungsi bulu hidung yakni proteksi lapisan epidermis kulit dari bahaya lecet dan sinar matahari. Selain itu bulu hidung pun mempunyai fungsi khusus lainnya. Saat Anda menarik nafas, ada potensi partikel kecil dari luar akan ikut bersama dengan oksigen. Bulu hidung bisa menyaring kotoran-kotoran dan benda asing tersebut, sehingga oksigen yang masuk hanya yang bersih saja bebas dari kotoran.

Bulu hidung dan penguapan keringat

Ada fungsi tambahan pada serat bulu hidung. Yakni untuk menambahkan luas permukaan kulit, sehingga bisa membantu keringat menguap. Di sekitar folikel bulu hidung terdapat jaringan saraf mengelilingi, dan jaringan saraf tersebut bisa memberikan informasi pada tubuh tentang keadaan lingkungan sekitar.

Bulu hidung menyaring mikroba udara

Kontribusi bulu hidung pada kesehatan sangat besar. Salah satu yang penting yakni untuk menangkal patogen udara, contohnya spora, jamur, dan kuman. Patogen udara ini tak pernah mencapai saluran pernafasan, dikarenakan terhalang bulu hidung. Lendir juga membantu bulu hidung dalam memerangkap kuman dan partikel.

Apabila para iritan itu berhasil masuk saluran pernafasan, tubuh akan bereaksi dengan bersin untuk mengeluarkan iritan tersebut.

Bulu hidung panjang harus digunting

Walaupun memang bulu hidung itu memegang peranan penting untuk tubuh dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi apabila bulu hidung sudah panjang maka harus digunting. Karena bulu hidung yang dipangkas tidak akan mempengaruhi kemampuannya dalam menyaring patogen udara.

Usia bertambah bulu hidung akan semakin lebat

Berdasarkan seorang dokter, Chris Smith, disebutkan jika usia seseorang bertambah, akan diikuti dengan rambut atau bulu yang juga lebih banyak. Itu karena bulu di tubuh manusia sensitif pada androgen, yang merupakan zat kimia layaknya testosteron. Selama Anda hidup, di dalam tubuh testosteron dapat terpapar di folikel bulu, dan menyebabkan pertumbuhannya juga meningkat. Ini kembali lagi ke poin sebelumnya, Anda harus menggunting bulu hidung panjang.

Bulu hidung dapat memberikan kelembaban

Ternyata bulu hidung juga memiliki fungsi untuk memberikan kelembaban pada udara yang Anda hirup. Saat udara masuk melewati hidung, bulu hidung dan lendir dalam hidung akan menyediakan kelembaban dan juga panas. Kelembaban itu sendiri benar-benar berpengaruh penting bagi system pernafasan lain, contohnya paru-paru dan laring.

Bulu hidung bisa memisahkan kotoran dan udara

Masih tentang fungsi penting bulu hidung. Bulu hidung dengan bentuk silia kecil bisa menarik partikel padat ke antarmuka antara tenggorokan dan hidung. Umumnya kotoran yang berbahaya diarahkan menuju arah belakang dari tenggorokan, juga kerongkongan, untuk menelan. Dan udara yang sudah disaring dilanjutkan ke paru-paru dan laring.

Kemoterapi penyakit kanker juga dapat menyebabkan bulu hidung rontok. Jadi bukan hanya rambut di kulit kepala saja yang rontok karena kemoterapi.

Apakah bulu hidung boleh dicabut?

Memang bulu hidung bisa rontok sendiri karena berbagai penyebab. Tetapi terkait mencabut bulu hidung, apakah melakukan ini diperbolehkan? Ternyata mencabut bulu hidung itu tak boleh Anda lakukan. Sebab bisa mengakibatkan bakteri tumbuh dengan subur dalam hidung. Saat Anda hendak mencabut bulu hidung, juga akan terjadi perdarahan. Memang mungkin perdarahan yang terjadi itu sedikit tetapi efeknya cukup fatal, di mana hidung bisa lebih mudah terinfeksi oleh bakteri.

Bahan kimia juga dapat merusak bulu hidung. Khususnya bahan kimia dari kosmetik tertentu. Disebutkan pertumbuhan bulu hidung bisa terhambat karena penggunaan makeup. Yang terjadi karena folikel rambut hidung seseorang rusak. Karena itu Anda sebaiknya segera menghapus make up sesudah tiba di rumah dan tidak melakukan aktivitas apapun lagi. Jangan sampai bahan kimia dalam kosmetik mempengaruhi proses pertumbuhan bulu hidung Anda. Ingatlah ini sebelum terlambat. Sekian artikel tentang apa penyebab bulu hidung seseorang rontok terus, semoga berkenan.

tempat adsense 2
Penyebab Bulu Hidung Rontok itu Apa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku