Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Bangun Tidur Tenggorokan Terasa Gatal

Tempat adsense

Gatal di tenggorokan saat bangun tidur itu kenapa? Terkadang ketika bangun tidur saat pagi hari tenggorokan terasa kering dan gatal. Anda pasti merasa tidak nyaman karenanya. Kira-kira bagaimana solusi untuk mengatasi masalah ini. Jadi tenggorokan kering ini adalah gejala yang terjadi karena beberapa kondisi. Bisa karena Anda mengalami dehidrasi ringan, di mana dehidrasi ringan salah satu gejalanya adalah tenggorokan yang terasa kering. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat konsumsi air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas dalam 1 hari. Juga perbanyak konsumsi buah-buahan, itu akan sangat membantu.


Andapun harus memastikan lebih lanjut juga, apakah ada kondisi medis lainnya atau tidak. Karena beberapa kondisi medis yang lain juga dapat menyebabkan gejala seperti gangguan di lidah dan tenggorokan kering. Contohnya karena tonsilitis, faringitis, riwayat merokok dalam waktu panjang, GERD (Komplikasi penyakit asam lambung), dan lain-lain.

Pemeriksaan langsung


Supaya Anda dapat memastikan kondisi kesehatan tersebut, Anda akan membutuhkan pemeriksaan langsung ke dokter. Dokter akan memeriksa secara menyeluruh. Dan hasil pemeriksaan dari dokter akan dijadikan sebagai dasar dalam penentuan apa penanganan selanjutnya. Karena tanpa dasar yang tepat penanganan yang diberikan bisa saja salah. Apabila tenggorokan kering diakibatkan karena riwayat penyakit asam lambung contohnya, sumber penyebab utamanya dapat Anda tangani. Berikut beberapa rekomendasi untuk Anda apabila itu yang terjadi:

1.    Makan makanan bergizi seimbang
2.    Minum air putih lebih banyak
3.    Konsumsi buah dan sayur
4.    Minum air lemon dicampur madu supaya tenggorokan lega
5.    Jangan minum minuman beralkohol dan hindari merokok
6.    Hindari berbagai makanan yang menyebabkan iritasi tenggorokan, contohnya makanan berminyak dan makanan pedas

Dokter pasti mengatakan hal yang serupa.

Peradangan pada tenggorokan


Berikutnya, perasaan tak nyaman yang Anda rasakan dalam tenggorokan, yakni perasaan gatal tak tertahankan. Itu juga dapat berkaitan ke masalah peradangan di tenggorokan. Di mana peradangan dapat menyebabkan kelenjar pada tenggorokan untuk memproduksi cairan lebih banyak, dan dikeluarkan berupa dahak. Biasa dalam bahasa medis dikenal sebagai tonsilofaringitis atau faringitis, sebab sering disertai peradangan di tonsil atau amandel. Faktor penyebab terjadinya radang dan infeksi tenggorokan yaitu virus, kurang lebih 40 – 60%. Penyebab lainnya sebesar 15% biasa karena infeksi bakteri streptococcus viridians, streptococcus beta hemolyticus, dan bakteri streptococcus pyogenes. Jamur pun dapat mengakibatkan seseorang terserang radang tenggorokan.

Gejala klinis


Radang tenggorokan karena infeksi virus atau bakteri tak mempunyai perbedaan gejala klinis yang signifikan. Karena itu pemeriksaan kultur usap tenggorok perlu dilakukan, tujuannya agar bisa mendapatkan diagnosis yang lebih tepat. Besar kemungkinan terkena infeksi bakteri jika radang tenggorokan yang dialami itu disertai dengan lendir berwarna kehijauan atau kekuningan. Anda juga perlu tahu bahwa radang tenggorokan itu tak selalu diakibatkan karena infeksi, bisa karena alergi, contohnya alergi asap rokok, polutan, juga karena substansi kimia yang lain.

Lainnya bisa karena iritasi yang berasal dari asam lambung. Hal tersebut berkaitan erat dengan seseorang dengan masalah asam lambung. Juga seseorang yang mempunyai kebiasaan tidur kurang dari dua jam sesudah makan. Tanda-tanda faringitis berbeda-beda dan bergantung pada faktor penyebabnya. Jadi faringitis ini adalah kondisi yang dapat berdiri sendiri, tetapi bisa juga menjadi bagian gejala penyakit lainnya. Untuk faringitis yang diakibatkan karena infeksi kuman tertentu, biasanya disertai keluhan pilek, dan batuk.

Istirahat yang cukup akan Anda butuhkan apabila Anda sering terserang penyakit radang tenggorokan, juga banyak makan makanan yang bernutrisi cukup, banyak minum, juga cukup minum vitamin C. Dengan begitu kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Usahakan untuk menghilangkan kebiasaan tidur maupun berbaring sesudah makan. Ketika Anda jatuh sakit, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang bisa merangsang batuk, contohnya makanan goreng-goreng dan juga es. Vitalitas tubuh juga perlu ditingkatkan agar Anda dapat mencegah sakit yang disebabkan oleh virus. Di mana saat kondisi tubuh turun, virus dapat dengan mudah menyerang.

Reaksi peradangan rhinitis alergi

Rhinitis alergi dapat menyebabkan gatal dan bersin ke hidung tiap pagi hari. Ini adalah reaksi peradangan karena alergi. Umumnya memiliki koneksi dengan faktor keturunan, mempunyai dermatitis atopi atau asma, ataupun karena pajanan yang berasal dari lingkungan. Contohnya adalah asap rokok, serbuk kayu, uap bahan kimia, dan lain-lain. Gejala dari rhinitis alergi antara lain batuk-batuk, rasa lelah, bersin-bersin waktu pagi hari, hidung gatal, berair, dan tersumbat.

Terapi untuk rhinitis alergi

Terapi yang dilakukan untuk menghindari pencetus rhinitis alergi tersebut. Biasanya pencetusnya adalah tungau debu atau debu. Karena itu Anda dapat mencoba membersihkan rumah dengan rutin, khususnya kamar tidur. Gunakan penyedot debu agar ruangan bersih dari debu. Juga boleh minum obat-obatan khusus, seperti antihistamin, yang bisa membantu untuk meredakan gejala. Tetapi apabila alergennya tetap ada, gejala alergi pun akan datang kembali. Supaya Anda bisa memastikan jika penyebab serta penanganan yang tepat diberikan, bisa segera memeriksakan diri secepatnya ke dokter.

Gejala lain yang serupa bisa disebabkan karena yang lain, tidak hanya rhinitis alergi saja, tetapi bisa disebabkan rhinitis vasomotor, sinusitis, infeksi virus flu, dan lain-lain.

Alergi makanan

Penyebab tenggorokan gatal yang berikutnya bisa karena alergi makanan tertentu. Biasanya makanan yang menjadi alergen antara lain kerang, kacang, susu, tepung, dan telur. Jika tenggorokan gatal disebabkan oleh alergi makanan, bisa berlangsung hingga beberapa menit dan jam, sesudah menelan makanan tersebut.

Alergi obat

Yang berikutnya, alergi obat juga dapat menjadi faktor penyebab tenggorokan terasa gatal. Contoh obat tersebut antara lain antibiotik atau penicillin. Gejalanya cukup banyak, tetapi salah satunya adalah rasa gatal yang muncul pada tenggorokan.

Acid reflux

Asam lambung bisa naik ke tenggorokan karena acid reflux. Efek yang dirasakan antara lain area dada mengalami sensasi terbakar, rasa gatal, dan muncul rasa kurang nyaman di tenggorokan.

Dehidrasi

Ketika tubuh Anda kehilangan air lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan maka mulut akan menjadi kering. Akibatnya produksi air liur sedikit. Kondisi ini dapat menjadi faktor penyebab munculnya rasa gatal dalam tenggorokan.

Cara mengobati tenggorokan gatal sesudah bangun tidur


Anda dapat mencoba beberapa alternatif cara di bawah ini, antara lain:

1.    Kumur air garam
2.    Konsumsi madu 1 sdm
3.    Semprot hidung
4.    Konsumsi teh panas dicampur madu dan lemon
5.    Tablet isap dengan efek menyejukkan tenggorokan

Di atas adalah bahan-bahan alami yang tidak menyebabkan efek samping. Tetapi tetap efektif untuk mengatasi tenggorokan gatal dan membuat Anda merasa nyaman kembali. Beberapa obat di atas bisa Anda beli langsung di apotik dan tidak membutuhkan resep dokter sama sekali. Sekian artikel tentang bangun tidur tenggorokan terasa gatal, semoga bermanfaat.

tempat adsense 2
Bangun Tidur Tenggorokan Terasa Gatal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku