Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Cara Menyembuhkan Hidung Mampet pada Bayi yang Efektif

Tempat adsense

Cara efektif menyembuhkan hidung mampet pada bayi. Bayi terkadang mengalami masalah hidung tersumbat, masalah ini kerap membuat pusing dan panik. Itu karena bayi yang hidungnya mampet akan menjadi rewel, karena bayi merasa tidak nyaman. Ketika ini terjadi, Anda harus tetap tenang, dan pikirkan solusi untuk menyelesaikan gangguan tersebut. Masalah hidung tersumbat bukan selalu karena adanya penumpukan ingus atau cairan hidung pada bagian dalam hidung bayi. Kondisi ini terjadi saat pilek, di bagian hidung, pembuluh darah, juga jaringan hidung yang posisinya berdekatan mengalami kondisi pembengkakan.


Kondisi hidung


Karena kondisi hidung bayi yang seperti ini akhirnya bayi jadi sulit bernafas. Alhasil bayi pun menjadi benar-benar rewel. Karena bayi tak mengerti apa yang harus mereka lakukan, tetapi hidung mereka terasa tak nyaman, karena itu Anda harus bergegas. Pada tahun pertamanya, umumnya bayi lebih mudah terserang flu ataupun pilek. Semua hal itu terjadi karena system imun si kecil yang belum terbentuk dengan sempurna. Karena itu bayi jadi mudah terinfeksi oleh virus yang dapat menyerang hidung dan tenggorokan. Bayi pun mengalami sakit pilek, ciri-cirinya adalah muncul ingus, hidung tersumbat. Apabila bayi terserang pilek, maka direkomendasikan bagi Anda untuk segera membawa si kecil ke dokter. Sebab ada resiko pneumonia yang mungkin menimpa si kecil.

Berikut beberapa langkah cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah hidung tersumbat bayi.

Cara-cara mengatasi bayi dengan hidung tersumbat


1. Berjemur pada pagi hari

Biasanya hidung bayi yang tersumbat itu dikarenakan lendir yang mengental, pada bagian dalam dari saluran pernafasan (Hidung). Di mana lendir terus mengental, akhirnya tak dapat dikeluarkan dan terjadi infeksi pada sistem pernafasan. Oleh karena itu pada waktu pagi hari, Anda dapat menjemur bayi, ketika sinar matahari hangat.

Caranya hadapkan bagian wajah dan dada bayi ke arah sinar matahari, tetapi jangan lupa menutup mata bayi menggunakan penutup mata, supaya tidak silau. Lalu tepuk lembut sebentar di bagian punggung bayi. Mungkin bayi akan menangis, namun sesungguhnya ini cara yang baik, karena lendir dalam hidung bayi akan keluar.

2. Cukup cairan

Ketika terjadi kondisi seperti ini, itu menandakan bahwa si kecil memerlukan asupan cairan. Apabila umur bayi sudah cukup untuk mendapatkan sup, maka Anda dapat memberikannya sup hangat, agar bayi Anda merasa lebih baik. Tetapi apabila usia bayi sudah melebihi 3 bulan, boleh Anda berikan jus apel dan air yang banyak.

3. Uap

Bayi yang hidungnya tersumbat membutuhkan udara hangat dan lembab. Oleh karena itu untuk mengatasi gangguan yang dialami oleh si kecil, Anda dapat menyiapkan air hangat sebaskom kemudian bantu bayi Anda untuk menghirup uap dari air hangat tersebut. Boleh juga diakali dengan membawa bayi Anda ke kamar mandi, kemudian nyalakan keran air panas. Dengan begitu bayi Anda bisa menghirup uap yang dihasilkan.

4. Bantu membuang ingus bayi

Yang menyebabkan bayi merasa tidak nyaman adalah ingus di dalam hidungnya. Hidung bayi tersumbat karena ingus tersebut tidak keluar, karena itu Anda harus membantu ia membuangnya. Bayi masih belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri, harus dibantu oleh orang dewasa. Silahkan Anda siapkan wadah dulu yang akan digunakan untuk membuang ingus si kecil. Lalu gunakan aspirator untuk menghisap ingus dari hidung si kecil. Boleh juga menggunakan infant nasal bulb, yang menyerupai pipet kecil.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air garam (Cairan saline) yang banyak dijual di apotik. Anda teteskan cairan tersebut dalam hidung bayi, supaya ingus menjadi encer dan dapat keluar dengan mudah. Setelahnya, isap lagi ingus bayi memakai alat penghisap. Bisa Anda beli secara online, banyak yang menjual. Di toko perlengkapan bayi juga ada.

5. Mengoleskan sedikit Vicks Vaporub

Jika bayi tak punya riwayat alergi dan penyakit asma, juga umur bayi melebihi 6 bulan, Anda boleh memakai Vicks Vaporub. Bahan yang satu ini aman untuk dioleskan ke anak-anak dan bayi tetapi hanya boleh pada bayi bebas dari gangguan asma. Takaran olesan cukup sedikit saja, bisa Anda oleskan ke bagian dada dan juga punggung si kecil, gunakan handuk bersih untuk mengoleskannya. Harap Anda lakukan dengan hati-hati, dengan begitu bagian obat tak akan mengenai mata dan wajah si kecil. Anda dapat melakukan perawatan ini saat si kecil tidur, pernafasan bayi pun akan lebih lancar, bayi akan merasa lebih nyaman.

6. Menggunakan humidifier pada kamar bayi

Salah satu yang memegang peranan penting dalam perawatan bayi pilek adalah kamar bayi tersebut. Dengan menggunakan humidifier maka kamar bayi pun tak akan lagi lembab, di mana kondisi kelembaban kamar bayi yang buruk dapat memperparah kondisi pilek yang dialami oleh si kecil. Kamar terlalu lembab pun dapat meningkatkan pertumbuhan jamur, di mana ini tidak baik bagi pernafasan orang dewasa, apalagi bayi. Apabila Anda tak mempunyai budget untuk membeli humidifier maka Anda bisa membuka pintu dan jendela kamar bayi saat siang hari, supaya bagian dalam kamar terkena sinar matahari.

7. Susu formula

Apabila tak memberikan ASI untuk bayi, jika bayi terserang hidung tersumbat, Anda boleh memberikan susu formula dan berikan secara teratur. Hindari memberi susu formula yang teksturnya terlalu kental, sebab cairan lendir bayi bisa lebih kental, dan akhirnya bayi mengalami sembelit. Silahkan Anda berikan si kecil susu formula dengan komposisi ringan. Juga berikan susu formula yang hangat. Semua itu dengan tujuan si kecil merasa lebih nyaman. Anda dapat membantu bayi untuk meminum susu formula yang diberikan dengan posisi nyaman, jangan diberikan sembari si kecil tidur. Susu formula apabila diminum oleh bayi dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain sistem kekebalan tubuh bayi akan terjaga, tetapi Anda harus berhati-hati apabila si kecil menunjukkan alergi pada susu sapi, karena nanti si kecil akan mengalami diare.

8. Kompres daun salam

Daun herbal yang dapat membantu pernafasan bayi kala mengalami hidung tersumbat adalah daun salam. Caranya rebus 2 – 5 lembar daun salam, rebus sampai mendidih. Masukkan handuk bersih kemudian peras airnya. Kompres dahi atau dada bayi menggunakan handuk tersebut beberapa kali hingga lendir berhasil keluar dari dalam hidung si kecil.

Untuk Anda ingat


Bahwa di tahun-tahun pertama bayi memang lebih sering terserang penyakit flu. Namun Anda jangan menganggap hal ini sebagai masalah yang enteng. Harus segera disembuhkan dan diperiksakan ke dokter anak, agar diberikan pengobatan yang tepat dan tidak terlambat. Anda tidak boleh memberikan obat pilek sembarangan. Tetapi untuk cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, bisa Anda coba menggunakan alternatif cara di atas. Agar si kecil kembali nyaman.

tempat adsense 2
Cara Menyembuhkan Hidung Mampet pada Bayi yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku