Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Cara Menyembuhkan Hidung Meler yang Membuat Tak Nyaman

Tempat adsense

Ketika terserang pilek, gangguan hidung meler bisa datang. Kondisi ini memang benar-benar membuat diri tersiksa, karena saat posisi Anda menunduk, cairan pun akan jatuh dari hidung. Bayangkan jika itu terjadi di tempat umum. Anda akan merasa sangat malu. Apalagi kondisi hidung meler ini biasanya bersamaan dengan kondisi hidung tersumbat.


Beberapa penyebab hidung meler


Hidung meler bisa terjadi karena beberapa hal di bawah ini, antara lain:


1. Suhu rendah

Bisa karena cuaca di sekitar sedang dingin, tetapi bisa juga karena penggunaan pendingin ruangan berlebihan. Alhasil produksi lendir dalam kelenjar hidung pun akan semakin tinggi, karena secara otomatis tubuh berusaha untuk mempertahankan kelembaban alami dalam jaringan hidung, supaya rongga hidung tetap berada pada kondisi kering.

2. Pertumbuhan polip

Apabila dalam jaringan hidung Anda mengalami perkembangan sekaligus penyebaran bakteri pada jaringan mukosa. Maka polip akan tumbuh kemudian menyumbat saluran pernafasan. Akibatnya Anda menjadi sesak nafas. Keadaan ini akan memicu terjadinya peningkatan cairan di dalam rongga hidung. Juga mengakibatkan hidung jadi meler terus menerus.

3. Menangis berlebihan

Penyebab hidung meler ketiga yakni menangis berlebihan. Ini merupakan penyebab umum yang dapat dialami siapapun. Saat seseorang menangis jaringan hidung di bagian dalam akan dipaksa memproduksi lendir secara terus menerus. Karena itu terjadi penyumbatan di pembuluh darah, di jaringannya. Efeknya hidung jadi berair, kondisi ini tak bisa Anda hindari dan akan sembuh seiring waktu.

4. Sinusitis

Iritasi, peradangan, dan luka yang terjadi pada jaringan bagian dalam dari rongga hidung bisa mengakibatkan hidung tersumbat. Selain itu juga menyebabkan munculnya rasa nyeri dan menyebar pada rahang dan juga daerah gusi. Ini disebabkan tekanan di dalam rongga sinus sebelah atas yang terjadi terus menerus.

5. Gangguan pada rongga telinga

Infeksi virus ke jaringan telinga bagian dalam dan tengah bisa mengakibatkan terjadinya peradangan. Rasa nyerinya bisa melebar juga menjalar pada jaringan hidung. Keadaan ini akan memicu terjadinya peningkatan cairan yang berlebih di jaringan hidung. Hal ini terjadi karena respon jika tubuh berusaha mempertahankan diri supaya dinding rongga hidung sebelah dalam berada pada kondisi stabil.

Minum air


Saat hidung meler maka Anda harus minum air yang banyak. Karena akan bisa membantu untuk menjaga kelembaban jaringan pada hidung dan wilayah sekitar sinus. Selain itu kadar air cukup dalam tubuh juga dapat mencegah infeksi terjadi, ataupun apabila Anda sudah terkena infeksi, maka kondisinya tak akan semakin memburuk. Sebaiknya Anda juga menghindari pemicunya, sebab terkadang hidung tersumbat dan meler ini terjadi karena reaksi alergi pada bahan-bahan tertentu. Contohnya:

•    Kotoran
•    Debu
•    Serbuk sari bunga
•    Bulu binatang

Jika hidung meler terjadi karena alergi maka gunakan obat anti-alergi. Khususnya apabila Anda tak dapat menghindari penyebabnya.

Cara yang berbeda


Di luar itu maka Anda harus menggunakan cara yang berbeda untuk mengatasi hidung meler ini. Untuk gangguan hidung meler ini sesungguhnya mudah untuk disembuhkan, berbeda dengan kondisi hidung tersumbat. Pada hidung tersumbat untuk mengatasinya lebih susah sebab lendir dalam hidung harus diencerkan dahulu supaya dapat dikeluarkan dengan mudah. Jadi kesimpulannya untuk mengatasi hidung tersumbat dan hidung meler itu caranya tidak sama.

Cara mengatasi hidung meler


1. Dikeluarkan perlahan

Anda dapat membuang kelebihan lendir secara perlahan, jangan terlalu keras. Supaya tak timbul tekanan berlebih ke gendang telinga. Dan lakukan sesering mungkin, apabila kulit hidung Anda pecah-pecah disebabkan oleh kebiasaan menekan hidung dengan jari, maka bisa Anda oleskan petroleum jelly, alternatif lainnya oleskan pelembab kulit bayi. Ini juga efektif.

2. Meningkatkan kelembaban udara

Anda dapat mencoba meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan untuk menyembuhkan pilek dan hidung meler. Dikarenakan kelembaban akan membantu dalam mengatasi iritasi di saluran hidung Anda yang mengalami peradangan.

3. Uap air

Anda juga bisa menghirup uap air. Karena uap air bisa membantu melegakan hidung meler.

4. Minyak eucalyptus

Kemampuan minyak yang satu ini jangan Anda remehkan. Untuk menggunakannya Anda bisa meneteskan minyak eucalyptus ke sapu tangan, kemudian Anda hirup aromanya, karena bisa membantu melegakan hidung tersumbat yang merupakan penyebab hidung meler.

5. Rempah-rempah

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Beberapa rempah-rempah contohnya kunyit tinggi memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri, yang dapat membantu menyelesaikan masalah hidung meler.

6. Madu

Yang keenam adalah dengan menggunakan madu. Madu ini ternyata memiliki manfaat melawan bakteri penyebab penyakit pilek. Anda bisa menambahkan madu dalam roti atau teh. Rasanya tidak hanya menjadi lebih nikmat, tetapi hidung meler Anda pun akan sembuh.

7. Kayu manis

Masih dalam rempah-rempah. Ternyata selain kunyit, kayu manis pun termasuk obat herbal yang efektif dalam menyembuhkan pilek. Anda dapat memasukkan sejumput kayu manis dalam air madu hangat, kemudian minum. Meminum ini bisa membantu menyembuhkan hidung meler dengan cepat.

8. Olahraga ringan

Yang lainnya adalah dengan olahraga ringan, karena aktivitas fisik seperti ini akan memicu proses pelepasan adrenalin dan bisa membantu dalam meredakan pembengkakan pada membran mukosa yang merupakan penghasil lendir pada saluran pernafasan seseorang. Olahraga ringan baik dilakukan apabila hidung meler tidak disertai demam. Dan Anda masih memiliki sedikit tenaga untuk melakukannya, jika tidak jangan dipaksakan.

9. Memakai pelega tenggorokan

Atau dikenal juga dengan dekongestan. Ya, Anda bisa memakai ini untuk mengatasi pembengkakan pada mukosa juga pembuluh darah, sehingga pernafasan tidak lagi terganggu. Memang efek dekongestan ini hanyalah sementara saja. Anda juga jangan menggunakannya terlalu lama lebih dari 3 hari, sebab apabila digunakan terlalu banyak dan terlalu lama dapat menjadikan produksi lendir dalam hidung semakin banyak dan parah.

10. Menggunakan basil atau kemangi

Ini adalah obat herbal yang bagus untuk menyembuhkan hidung meler dan pilek. Di dalam basil dan kemangi terdapat kandungan yang bersifat anti bakteri, antivirus, dan anti jamur, yang sangat baik. Jadi basil atau kemangi ini cocok digunakan untuk melawan penyebab hidung meler dan penyebab pilek.

11. Konsumsi sup ayam

Untuk membantu mengurangi rasa tak nyaman karena hidung meler, Anda bisa mengkonsumsi sup ayam. Sup ayam dapat membantu dalam meningkatkan sistem antibodi tubuh. Juga mencegah infeksi pada saluran pernafasan di bagian atas tubuh. Sup ayam juga menciptakan rasa hangat, rasa hangat ini akan membantu melegakan hidung meler, jadi Anda pun dapat bernafas lebih lega.


Anda sudah melihat bahwa sesungguhnya untuk menyembuhkan hidung meler tidak perlu susah-susah ke dokter. Karena Anda bisa menyembuhkannya langsung di rumah menggunakan cara-cara alami di atas. Biaya yang harus Anda keluarkan pun sangat kecil. Semoga Anda cepat sembuh.

tempat adsense 2
Cara Menyembuhkan Hidung Meler yang Membuat Tak Nyaman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku