Kesehatan telinga, hidung, tenggorokan

Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal dan Sakit

Tempat adsense

Cara terbaik menyembuhkan tenggorokan gatal dan sakit. Reaksi gatal pada tenggorokan itu disebabkan oleh infeksi pada daerah tenggorokan. Gatal ini dapat diakibatkan karena berbagai hal, mulai alergi pada cuaca, flu, dan lain-lain. Anda juga dapat menemukan ada banyak obat-obatan alami sekarang ini, dan juga ada obat-obatan untuk sakit tenggorokan gatal di apotik.


Gejala sakit tenggorokan yang serius


Selain karena faktor terserang flu dan cuaca, ternyata sakit tenggorokan gatal yang diderita juga bisa disebabkan karena kondisi lain yang sifatnya lebih serius, contohnya adalah radang amandel, atau dikenal juga dengan sebutan tonsilitis, infeksi virus ebola, hingga karena infeksi streptococcus. Umumnya gatal yang mendera tenggorokan diakibatkan infeksi virus dan tak membutuhkan penanganan khusus, bisa sembuh sendirinya antara 5 – 7 hari.

Apabila Anda telah terlanjur kena tenggorokan gatal dan tak tahan lagi, maka Anda boleh mencoba beberapa cara ini, antara lain:

Cara-cara membuat tenggorokan gatal reda


1. Menghentikan kebiasaan buruk

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Contohnya kebiasaan minum teh, kopi, dan soda. Minum minuman tersebut bisa mengakibatkan dehidrasi, hingga akhirnya tenggorokan gatal menyerang. Jenis obat antidepresan juga bisa menyebabkan iritasi dan dehidrasi ke tenggorokan. Yang beresiko dialami para perokok. Sebab rokok memiliki sifat mengeringkan tenggorokan. Karena itu bagi para perokok sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk yang satu ini.

2. Menghindari alergen

Rasa gatal pada tenggorokan juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda alergi pada makanan atau tanaman. Apabila Anda mempunyai alergi penyebab tenggorokan gatal, Anda harus menghindari pemicunya. Anda harus menjaga makanan dan memeriksakan diri lebih lanjut, agar tahu apa yang memicu alergi. Ketika alergi datang, cobalah konsumsi tablet antihistamin supaya alergi mereda.

3. Dekongestan

Ketika hidung Anda tersumbat maka Anda secara otomatis bernafas menggunakan mulut, dan melakukan ini beresiko terkena tenggorokan kering. Biasanya bersamaan dengan post nasal drip, atau sensasi lendir berlebihan pada bagian belakang hidung, yang bisa mengakibatkan rasa gatal pada tenggorokan. Pseudoephedrine merupakan kandungan di dalam obat dekongestan yang bisa membantu Anda untuk bisa bernafas normal lagi, sebab bisa membantu membersihkan hidung yang tersumbat. Jadi obat dekongestan bisa membantu Anda untuk meringankan tenggorokan yang terasa gatal. Check juga artikel tentang hidung mampet.

4. Berkumur air garam

Untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan bisa juga dengan berkumur air garam. Caranya tambahkan garam sebanyak setengah sendok teh ke air hangat sebanyak 250 ml. Kemudian Anda aduk hingga rata. Gunakan air tersebut untuk berkumur selama 10 detik. Setelahnya ludahkan. Mengapa menggunakan garam? Itu karena garam mempunyai fungsi mengurangi lendir penyebab rasa gatal menggelitik dalam tenggorokan. Garam juga mampu meredakan radang tenggorokan. Berkumurlah menggunakan air garam sebanyak 2 – 3 x per hari, hingga tenggorokan Anda sembuh.

5. Minum campuran kunyit dan susu

Dengan mencampurkan kunyit dan susu, Anda sudah berhasil membuat obat rumahan yang mujarab untuk meringankan rasa gatal di tenggorokan. Herbal ini bisa Anda minum sebelum tidur. Caranya didihkan susu 1 gelas dalam panci yang berisi kunyit. Boleh juga mencampurkan kunyit di dalam air. Tunggu susu hingga agak dingin, setelahnya barulah Anda minum. Anda bisa minum campuran kunyit dan susu ini tiap malam hingga rasa gatal yang mengganggu menghilang. Jadi jangan lupa sediakan stok kunyit dan susu di rumah.

6. Obat kumur

Anda dapat mencari obat kumur dengan kandungan menthol. Karena bahan ini bisa mengurangi rasa gatal dan iritasi pada tenggorokan. Anda dapat setiap hari berkumur menggunakan obat kumur ini.

7. Analgesik dan antihistamin

Jenis obat-obatan ini bisa membantu untuk menyembuhkan tenggorokan gatal. Contoh dari jenis obat ini yakni aspirin, dan ibuprofen. Jenis obat ini bisa membantu meredakan rasa nyeri karena kondisi tenggorokan gatal. Jika memang Anda hendak memakainya, pastikan Anda memakainya dengan mengikuti petunjuk dosis yang sesuai, bagi anak-anak atau bagi orang dewasa, karena dosisnya berbeda.

8. Air putih

Dehidrasi juga bisa menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Ketika dehidrasi, maka tenggorokan akan jadi kekurangan lendir, air yang digunakan untuk pelumas berkurang, jadi tenggorokan pun terasa kering dan gatal. Sama seperti kulit tubuh kalau kering terasa gatal. Ketika sedang terserang flu dan saat cuaca dingin, tubuh bisa kehilangan cairan yang keluar dari keringat juga (Misalnya saat terserang demam). Saat cuaca sedang panas, penting bagi Anda untuk minum air putih yang cukup, paling tidak 9 gelas per harinya. Saat cuaca dingin juga jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Karena tubuh selalu membutuhkan asupan cairan.

9. Lobak

Anda bisa mencampurkan lobak pedas atau horseradish sebanyak 1 sendok makan, dengan cengkeh 1 sendok makan, madu 1 sendok teh, dengan air panas. Campuran ini dapat membantu dalam menenangkan tenggorokan yang terasa gatal. Setelah dicampur, diaduk, kemudian langsung diminum.

10. Cuka sari apel

Untuk memanfaatkan cuka sari apel. Anda bisa menyediakan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian Anda tambahkan cuka sari apel 1 sendok makan. Tambahkan madu juga. Setelah itu aduk perlahan, dan setelah tercampur rata, bisa Anda minum.

Terdapat beberapa gejala serius yang jika Anda alami maka Anda harus secepatnya ke dokter. Jika gejala rasa gatal di tenggorokan disertai dengan kesulitan membuka mulut, kesulitan bernafas, nyeri pada sendi, kesulitan menelan, ruam, sakit telinga, benjolan pada leher, demam tinggi, dahak, dan ada darah pada ludah. Apabila gejala tenggorokan gatal tak sembuh-sembuh dalam jangka waktu lama, Anda juga sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Supaya Anda tak tersiksa karena tenggorokan gatal terlalu lama.

Supaya sakit tenggorokan yang disertai rasa gatal tak berulang terus, Anda juga harus melindungi suara Anda. Saat berbicara jangan terlalu banyak, bernyanyi, berteriak, itu semua membuat tenggorokan Anda bekerja lebih keras. Dapat mengakibatkan rasa gatal dan dehidrasi. Jika melakukan hal-hal tersebut, Anda sebaiknya minum air yang cukup. Sediakan waktu untuk istirahat suara. Jangan terlalu dipaksakan, istirahat minimal 1 – 2 jam per harinya.

Apabila memang pekerjaan Anda menuntut Anda untuk mengeluarkan suara cukup banyak, jangan lupa selalu menyediakan air minum. Supaya Anda dapat menjaga tenggorokan selalu tetap terlumasi serta terhidrasi sepanjang harinya.

Permen pereda batuk


Anda pun dapat menghisap permen pereda batuk. Karena permen ini juga dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Memang bukan menyembuhkan tetapi dapat mengurangi rasa sakit, supaya Anda tidak terlalu menderita karena rasa gatal dalam tenggorokan. Obat batuk dilengkapi anestesi lokal untuk meredakan iritasi dalam tenggorokan.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara menyembuhkan tenggorokan gatal dan sakit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

tempat adsense 2
Cara Menyembuhkan Tenggorokan Gatal dan Sakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Risnaku